Pusatberas.com – Di indonesia beras adalah makanan paling pokok bagi masyarakat dari semua kalangan. Jenis-jenis beras yang beredar di pasaran pun beragam seperti, Beras Rojolele, Beras Pandan Wangi, Beras IR64, Beras IR42 dan lain sebagainya.

Namun demikian dari sekian banyak jenis beras yang beredar, sering kali kita bingung membedakan masing-masing jenis varietas beras tersebut, sehingga tidak jarang para penjual beras yang nakal menjual jenis beras yang tidak sesuai dengan ciri-cirinya. Oleh karena itu agar hal itu tidak terjadi dan bisa merugikan masyarakat, Yuk pahami ciri-ciri dari beberapa Jenis beras yang beredar dipasaran.

Beras Rojolele, Beras Premium dan banyak disukai masyarakat

Ciri-ciri Beras Rojolele – via sunrise food

Dilihat dari namanya “ROJOLELE” beras ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan jenis ikan lele yang biasa kita temui dan konsumsi. Nama Rojolele merupakan sebutan umum untuk jenis beras ini didaerah jawa tengah dan jawa timur, namun di jawa barat jenis beras ini memiliki nama beras Muncul. Beras Rojolele ini termasuk beras unggulan, namun dengan harga yang relatif mahal dari jenis beras lainnya karena varietas yang umurnya tidak panjang, sehingga menanamnya tidak mudah.

Ciri-ciri beras Rojolele sendiri adalah memiliki bentuk fisik cenderung bulat dan memiliki warna putih susu di sedikit bagiannya. Untuk tekstur nasi yang dihasilkan dari beras ini adalah lebut dan pulen.

Beras Pandan Wangi, Beras favorit masyarakat Indonesia karena wanginya yang khas

Ciri-ciri Beras Pandan wangi – via sunrise food

Beras Pandan Wangi merupakan salah satu beras unggulan yang berasal dari kota Cianjur. karakteristik dari beras ini yaitu aromanya yang mirip seperti wangi pandan, sehingga sering disebut Pandan wangi.

Selain memiliki aroma wangi pandan, Ciri-ciri beras pandan wangi adalah memiliki bentuk cenderung sedikit bulat, dengan warna beras agak bening dan sedikit kekuningan. Nasi yang dihasilkan akan beraroma wangi pandan dan nasi pulen.

Beras Setra Ramos atau IR64, Beras dengan harga terjangkau dan banyak disukai masyarakat 

Ciri-ciri Beras Setra ramos (IR64) – via sunrise food

Untuk jenis beras IR64 sangat mudah kita jumpai di pasaran, karena beras jenis ini yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita. Harga yang lebih terjangkau dibanding dengan beras premium jenis lainnya manjadi salah satu sebab mengapa beras ini sangat bnyak dicari.

Jika anda membutuhan beras IR64 dalam jumlah sedikit maupun banyak, hubungi kontak kami. kami Distributor beras murah siap melayani kebutuhan beras anda.

Ciri-ciri dari beras IR64 itu sendiri ialah bentuk bulir beras yang panjang dan agak lonjong. ketika sudah dimasak menjadi nasi, beras ini tidak beraroma wangi seperti beras jenis pandan wangi, namun gurih, dan pulen. Untuk beras jenis ini lebih baik tidak dikonsumsi jika lebih dari 3 bulan, karena jika sudah dimasak tekstur nya akan berubah pera, dan mudah basi.

Beras IR42, Beras yang cocok untuk dibuat nasi goreng atau nasi uduk

Ciri-ciri Beras IR42

Jenis beras ini hampir sama dengan beras IR64 hanya saja ukurannya lebih kecil. dimasyarakat kita beras jenis ini sering digunakan untuk bahan baku membuat nasi goreng ataupun nasi uduk dan jenis olahan nasi lainnya. untuk harga dari beras IR42 ini relatif lebih mahal dibanding IR64 karena agak sulit mencari dipasaran, dan juga para petani jarang yang membudidayakan beras jenis ini.

ciri-ciri beras ini setelah dimasak yaitu teksturnya menjadi pera atau lebih kering dan nasi tidak pulen.

Sampai disini sudah paham dong ciri-ciri beras yang beredar dipasaran. dan jangan sampai kita tertipu dengan penjual beras yang nakal. Kami Pusatberas.com adalah Distributor beras murah yang bekerja sama langsung dengan para petani, Menyediakan beras dengan kualitas terbaik, mutu terjamin dan pastinya harga yang terjangkau. segera Hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut.

× Apa yang bisa saya bantu?